IBADAH ETNIK, BERSATU DALAM KEBERAGAMAN

Majelis Jemaat Harian

GPID Manunggal Palu, yang terdiri dari beragam suku bangsa menjadi suatu kekayaan tersendiri bagi Gereja. Menyikapi hal tersebut, Kolom 9 GPID Manunggal Palu berinisiatif untuk menyelenggarakan Ibadah Etnik. Ibadah yang dilaksanakan pada hari Selasa, 29 Mei 2018 tersebut dipimpin oleh 2 (dua) orang Pendeta sekaligus, yakni Ptd. Yance Darmawan, M.Si dan Pdt. Lucky R. A. Malonda mengetangahkan tema Bersatu Dalam Keberagaman.

Ibadah yang dimulai pada pukul 16.30 WITA tersebut nampak semarak dengan kehadiran anggota jemaat dengan berpakaian adat dari masing-masing daerah. Sebelum ibadah dimulai, diawali dengan parade dari anggota jemaat dengan menggunakan pakaian adat mereka. Dalam khotbahnya, ditekankan bahwa keberagaman adalah anugerah Tuhan dan perbedaan adalah hal wajar dan bukan untuk diperdebatkan tapi untuk memperkaya kehidupan manusia.

Diakhir ibadah, diadakan penilaian Lomba Makanan Daerah dan dilanjutkan dengan makan dan foto bersama. Kegiatan ini menjadi nilai positif untuk pengembangan jemaat dan merupakan bukti bahwa perbedaan dan keberagaman adalah indah dan dapat menjadi alat merekatkan persaudaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *